Jumat, 02 September 2011

MEMASAK APA SUSAHNYA ?


Dunia kuliner sangat banyak digeluti orang sekarang . Orang berlomba – lomba untuk menciptakan masakan yang lezat dan sesuai dengan lidah masing masing pribadi. Kita pasti ingin kan untuk tahu bagaimana cara mengolah makanan itu . Ya pada intinya jangan kita bisanya hanya makan saja . Sebenarnya dunia masak tak akan lepas dari siapa pun, baik laki – laki maupun perempuan. Karena tak bisa dipungkiri tubuh dan jiwa kita butuh makanan bukan. Beberapa orang mungkin mengatakan ah untuk apa belajar toh nanti kalau saya nikah pasti bakalan bisa kok. Jangan salah pepatah yang mengatakan ala bisa karena biasa sangat benar lo. Contohnya kalau sudah terbiasa bangun pagi sebelum matahari terbit nantinya juga akan terbiasa. Tapi kalau biasa molor waktu nantinya juga akan sering telat . Nah mau tahu rahasianya supaya anda jago masak :

1. Jangan pernah berhenti untuk mencoba

Mungkin kita pernah mengolah suatu makanan yang baru , dan hasilnya kurang memuasakan. Itu adalah hal yang wajar , karena mungkin resep untuk mengolah makanan itu masih baru kita ketahui tapi cobalah dia beberapa kali . Sehingga hasil yang akan kita capai akan lebih bisa maksimal. Saya pernah belajar membuat kreasi puding , boleh dibilang sederhana saja. Pertama saya buat hasil nya masih biasa – biasa saya masih membuat beberapa macam bahan untuk membuat puding itu. Setelah saya banyak belajar saya mulai menambahkan bahan – bahan untuk mengolah makanan itu dan hasilnya lebih maksimal. Puding yang saya buat sudah lebih harum, lembut dan terasa nikmat.

2. Buatlah Masak sebagai hobby

Banyak orang beranggapan bahwa memasak adalah hal yang merepotkan. Itu mungkin ada benarnya sih karena dalam memasak kan harus banyak yang dipersiapkan. Mulai dari perapian, bahan bahan memasak , bumbu dan sejenis nya. Nah setelah masakan itu jadi kan kita harus bersih – bersih lagi nih. Ya harus dibiasakan membersihkan dapur , kompor atau pun gas dan alat alat masak yang terpakai. Tapi itu semua tidak akan terasa berat kok jika kita membuat masak itu sebagai hobby atau sesuatu hal yang menyenangkan. Dengan membuat memasak sebagai hobby kita akan merasa senang untuk melakukan hal itu. Terasa bahagia pastinya bukan.

3. Memasak Dapat Menghemat Lo

Wah dengan memasak makanan sendiri apa aku bisa hemat ya ? Jawabannya pasti banget. Karena dengan memasak sendiri kita akan punya waktu untuk mengunjungi pasar tradisional. Jangan ke plaza atau ke mall dong karena pasti mahal mahal atuh disana. Mengapa disarankan ke pasar tradisional , kalau ke pasar tradisional kan kita bisa menawar dan juga harga – harga disana sih biasanya tidak kena pajak alias PPN he he. Dipasar tradisional kan penjual berjubel nih dan harga harganya standar. Saya paling senang belanja di pasar tradisional mulai beras, sayur , ikan , cabai dan sejenis nya . Asik deh disana. Kalau saja di hitung – hitung sih belanja saya tidak terlalu banyak karena cuma sendiri bukan , kalau di mess kan karyawan bisa pilih, mau makan terbang atau masak. Tapi disaranin masak aja deh karena gas alias kompor masak kan gratis. Dan mumpung PT yang memfasilitasi gas , belajar masak menu – menu yang baru dong. Ah bisa aja

4. Coba lah memasak menu menu yang baru

Nah supaya jangan bosan dengan masakan kita , cobalah memasak menu menu baru. Misalnya mengolah kentang dan mie. Jangan makan magie doang alias mie rebus sama telur ha ha. Buatlah variasi misalnya kroket mie kentang gitu deh. Ah tapi gimana aku bisa tahu cara membuat itu. Gampang deh sering – sering aja browsing internet cari menu – menu masakan baru. Atau boleh juga dari buku sih maupun menanyakan teman yang lebih bisa . Hasilnya anda pasti akan lebih bisa dan pasti jago masak. Nah biasakan lah membuat garnis ataupun hiasan makanan yang kita buat misalnya kita memasak nasi goreng biasakan aja buat taburan bawang goreng, garnis wortel bunga mawar ataupun kotak , dan juga tomat. Karena biasanya dari mata turun ke hati. Jatuh hati pada pandangan pertama terhadap makanan he he. Biasakan juga lidah untuk mempunyai perasa yang cukup tinggi dalam hal rasa supaya kita bisa merasakan di dalam segi manakah bumbu yang kurang. Dan juga indera penciuman yaitu hidung. Apa makanannya harum he he kayak parfum aja? Biasanya dengan mencoba memasak hal hal yang baru kita akan lebih handal di dalam mengolah masakan masakan yang enak.

5. Memasak Sendiri Itu Sehat

Dengan memasak sendiri kita akan bisa mengolah makanan sehat, dari segi bumbu dan juga cita rasa. Memasak makanan yang segar dan hal sebagainya. Saya paling suka mengulek atau pun menumbuk cabai. Memang sih membutuhkan waktu yang lama misalnya membuat gulai ayam, dari segi peras santan , menghaluskan bumbu tapi ada kepuasan tersendiri pada waktu mencicipi hasil masakan itu.

6. Memasak Dapat Menjadi Suatu Keahlian

Memasak dapat menjadi suatu keahlian jika kita tak pernah berhenti belajar. Ada banyak usaha kuliner sekarang bukan. Dengan keahlian memasak yang kita miliki kita bisa menciptakan sebuah usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan. Enak kan dari hanya modal masak aja bisa jadi pengusaha yang sukses .

Ada banyak hal memang yang perlu kita ketahui tapi ingat lah dengan membiasakan diri untuk memasak itu berarti kita akan lebih peduli akan kesehatan, waktu , kebersihan dan lain – lain. Coba lah memasak dan tingkatkan terus hingga itu dapat menjadi suatu kebiasaan yang baik yang akan berguna bagi diri kita sendiri, keluarga dan juga sesama manusia. Selamat Mencoba .

Tips : Belajar mengolah kreasi Mie. Mie Kroket Kentang

Bahan : - 300 gram kentang
           - Satu bungkus Indomie
          - Tepung secukupnya
          - 1 butir telur
          - Garam dan Merica bubuk secukupnya

Cara membuat :
1. Kukus kentang atau boleh juga di goreng
2. Rebus mie, saring dan sisihkan
3. Haluskan kentang , campur dengan mie rebus
    aduk dengan telur, tepung roti, garam dan merica bubuk.
4. Buat kroket bola bola mie kentang
5. Goreng dalam minyak panas
6. Sajikan hangat deh. Boleh dimakan dengan nasi goreng dan sejenisnya.
Jadi tidak harus makan magie (megi alias Indomie telor) teruskan ha ha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar